free html hit counter
Ghoorib.com | Kisah Saat Imam Ja'far Ash-Shadiq Dituduh Mencuri

Kisah Saat Imam Ja’far Ash-Shadiq Dituduh Mencuri

Kisah Islami Imam Ja'far Ash-Shadiq Dituduh Mencuri

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang kembali teman-teman pembaca blog ghoorib yang budiman.

Kali ini penulis kembali lagi dengan sebuah kisah islami tentang Imam Ja’far Ash-Shadiq yang tertuduh mencuri dompet seorang laki-laki yang tertidur di dalam masjid.

Bagaimana ceritanya dan bagaimana pula tanggapan dari Imam Ja’far Ash-Shadiq?

Simak cerita islami berikut ini sampai selesai…

Kisah Islami Imam Ja’far Ash-Shadiq Dituduh Mencuri

Dikisahkan ada seorang laki-laki tertidur di dalam masjid dan bersamanya ada sebuah dompet.

Saat ia terbangun dari tidurnya, ia melihat dompetnya sudah hilang, dia mulai mencari-cari dompetnya dengan perasaan khawatir.

Ketika ia sedang mencari-cari dompetnya yang hilang ia tersadar ada Ja’far ash-Shadiq sedang shalat, tidak ada seorang pun di dalam masjid pada saat itu kecuali mereka berdua.

Si laki-laki ini mulai mengaitkan hilangnya dompetnya dengan Ja’far ash-Shadiq. Setelah Ja’far ash-Shadiq selesai shalat beliau merasa diperhatikan dalam dalam oleh si laki-laki tersebut. Sehingga Ja’far ash-Shadiq bertanya: Ada apa denganmu?

Laki-laki itu menjawab: Dompetku telah dicuri, dan tidak ada orang lain disisiku di dalam masjid ini kecuali kamu.

Ja’far ash-Shadiq pun bertanya: Berapa uang yang ada di dalam dompetmu yang hilang itu? Si laki-laki itu menjawab: seribu dinar.

Tunggulah disini sebentar, ucap Ja’far ash-Shadiq. Beliau pun pulang kerumahnya dan membawa seribu dinar ke masjid dan memberikan uang tersebut kepada laki-laki yang kemalingan itu.

Setelah itu laki-laki itu keluar dan pergi ke tongkrongan teman-temannya yang di belakang masjid.

Saat ia sampai ke teman-temannya, mereka berkata kepadanya: Dompet kamu ada sama kami, tadi kami cuma iseng ngerjain kamu.

BACA JUGA :  Sejarah Awal Mula dan Proses Imam Syafi'i Mendirikan Mazhab

Si laki-laki itu pun memperlihatkan uang seribu dinar yang diberikan oleh Ja’far ash-Shadiq sambil bertanya: Siapa yang di dalam masjid itu ia memberikanku seribu dinar karena aku kehilangan dompetku yang berisi uang sejumlah ini.

Beliau adalah anak paman Rasulullah SAW, jawab teman-temannya. Si laki-laki itu langsung kembali ke masjid dan mengembalikan uang seribu dinar tersebut ke Ja’far ash-Shadiq sambil berkata: 

Maafkanlah aku wahai tuan, ternyata teman-teman ku yang mengambil dompetku pada saat aku tertidur, ini aku kembalikan uang seribu dinar tadi.

Ja’far ash-Shadiq berkata: Sesungguhnya jika kami mengeluarkan harta, kami tidak pernah mengambilnya kembali dan tidak kembali kepada kam selamnya.

Check Also

Ghoorib.com | Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Puasa 1 Hari Sebelum Idul Adha: Manfaat, Tips, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Idul Adha adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam. Pada hari yang penuh …

One comment

  1. Ghoorib.com | Kisah Saat Imam Ja

    I and my guys ended up checking the excellent tips and tricks found on your web site while all of the sudden got an awful feeling I had not thanked the site owner for those strategies. All the ladies happened to be consequently passionate to learn all of them and have in effect really been loving those things. I appreciate you for really being quite accommodating and also for choosing variety of high-quality themes most people are really wanting to learn about. Our honest regret for not saying thanks to sooner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *