free html hit counter

nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

Dalam sebuah ceramah, ustaz abdul somad menjelaskan bahwa setiap bayi yang lahir itu tergadai, setiap yang tergadai ditebus dengan cara di bayar.

Adapun cara menembus anak yang tergadai itu dengan aqiqah, dalam aqiqah terdapat tiga perkara;

Pertama, menyembelih kambing pada hari ketujuh, jika tidak ada kemampuan pada hari tersebut, maka boleh melaksanakannya pada hari ke 14, atau 21.

Jika belum mampu juga, maka hitungan bulan atau kapanpun ketika mempunyai kesanggupan.

Kedua, mencukur rambut si anak. Karena ketika bayi di dalam rahim ibundanya rambut si bayi kotor, najis dan bercampur karena bercampur dengan darah.

Ketiga, memberi nama yang baik dan bagus.

Nama seorang anak adalah do’a dari orang tuanya dan siapapun yang memanggilnya dengan nama itu. Maka, orang tua harus memikirkan matang-matang nama yang akan diberikan kepada si buah hatinya.

Nama merupakan do’a, maka nama harus memiliki makna dan arti yang baik-baik. Berikut nama-nama untuk bayi perempuan Islami dalam bahasa Arab kekinian.

Nama-nama rekomendasi untuk bayi perempuan berikut ini adalah satu dua suku kata yang bisa gabungkan dengan nama lain.

Nuwaira (نُوَيْرَ)
Nuwaira adalah isim tashgir dari kata Nur (نُوْرٌ) yang berarti cahaya, maka Nuwaira berarti secercah cahaya. Tujuan dari isim tashghir sendiri adalah untuk kasih sayang.

Fina Hanina (فِيْنَا حَنِينَا)
Fina berarti diantara kami (suami dan istri) dan hanina berarti kerinduan kami. Maka, nama anak perempuan Fina Hanina bisa bermakna seorang anak perempuan yang dirindukan oleh ayah bundanya.

Nada (نَدًى)
Nada juga cocok untuk nama perempuan, dalam bahasa Arab nada berarti embun, kesejukan, ketenangan.

Inaya (عِنَايَا)
Sebagaimana fitrahnya, seorang anak adalah karunia Allah subhanahu wa ta’ala kepada orang tua. Maka, Inaya berarti karunia Allah. Dengan memberi nama Inaya bisa menjadi pengingat bagi orang tua dan siapapun yang memanggilnya bahwa seorang anak adalah karunia dari sang pencipta.

Adiba (أَدِيْبَ)
Nama anak perempuan Adiba berarti anak yang sopan, tahu tata krama, dan beradab.

BACA JUGA :  Bukti Asli Ilmiah Kebenaran Al Quran

Nadira (نَادِرَ)
Nama nadira berati sesuatu yang langka, limited edition, atau bisa juga diartikan tidak ada bandingannya.

Suhaila (سُهَيْلَا)
Suhaila juga merupakan isim tasghir dari kata sahlun (سَهْلٌ) yang berarti kemudahan. Suhaila juga berarti kemudahan, panggilannya bermakna kasih sayang.

Nazhifa (نَظِيْفَ)
Nazhifa berarti bersih, tidak berdebu, tidak bernoda.

Syifa (شِفَاى)
Syifa artinya kesembuhan, penyembuh, penawar.

Jeza (جَزَى)
Jaza atau Jeza berasal dari kata bahasa Arab yang berarti balasan, pemberian, apresiasi.

Naila (نَيْلَ)
Naila berasal dari kata bahasa Arab yang berarti menerima, mendapatkan, pendapatan yang mengalir.

Alfida (الفِدَاء)
Alfida berarti tebusan, hadiah, pemberian.

Ash-Shafa (الصَّفَى)
Kata ash shafa berarti jernih, bersih, tidak berkeruh juga bisa berarti suci.

Naira (نَيْرَى)
Memberi nama anak perempuan dengan nama Naira bermakna yang berkilauan, bersinar, bercahaya, berseri-seri, brillian.

Sidra (سِدْرَ)

Sidra berarti bidara, ini merujuk kepada nama tumbuhan yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Baik daun dan buahnya semuanya bisa dimanfaatkan. Nama sidra juga beberapa kali disebutkan di dalam Alquran.

Azwa (عَزْوَا)
Azwa juga merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang berarti menjadi kuat, sangat kuat, bernilai, berharga mahal, atau juga bisa berarti mulia. Dengan memberi nama anak perempuan dengan nama Azwa diharapkan anak tersebut bisa bernilai, dan mulia bagi orang tuanya.

Nawras (نَوْرَسْ)
Nawras atau Nauras adalah kata bahasa Arab yang merujuk pada nama burung camar. Nama seorang anak Nawras bisa bermakna indah sebagaimana indahnya burung camar.

Afifah (عَفِيْفَة)
Afifah adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti bersih, suci, murni, rendah hati, berbudi luhur. Nama bayi perempuan Afifah bisa disandingkan dengan suku nama lain misalkan Afifah Az-zahra, yang berarti perempuan yang suci lagi berbudi luhur dan cantik seperti bunga.
Zahrina (زَهْرِنَا)
Zahrina adalah 2 kata dari bahasa arab, zahra artinya bunga dan ditambah dengan dhomir muttashil nahnu (kami). Maka, zahrina memiliki arti bunga kami. Dengan memberi nama anak zahrina bisa berarti artinya adalah anak perempuan yang diumpamakan bungan bagi kami (orang tuanya)
Nayyara (نَيَّرَ)
Nayyara juga berasal dari kata bahasa Arab yang berarti yang berkilauan, bersinar, bercahaya, berseri-seri, terang, brilian.
Afidah (أَفْئِدَة)
Afidah adalah kata bahasa Arab yang berarti hati. Suku nama Afidah bisa digabungkan dengan suku kata lain misalkan Nuril Afidah yang berarti cahaya hati.
Aqeela (عَقِيْلَة)
Aqeela atau Aqilah dalam bacaan arabnya memiliki arti isteri, pasangan.

Check Also

Ghoorib.com | Cara Menyembunyikan Nomor HP Di Aplikasi Getcontact Supaya Tidak Bisa Dicari

Cara Menyembunyikan Nomor HP Di Aplikasi Getcontact Supaya Tidak Bisa Dicari

Aplikasi Getcontact merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi nomor telepon seseorang. Keberadaan …

19 comments

  1. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    I may need your help. I tried many ways but couldn’t solve it, but after reading your article, I think you have a way to help me. I’m looking forward for your reply. Thanks.

  2. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Perfect work you have done, this web site is really cool with great information.

  3. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    You got a very superb website, Gladiolus I noticed it through yahoo.

  4. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Some genuinely nice and useful information on this web site, likewise I believe the design contains superb features.

  5. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    You are my breathing in, I possess few blogs and rarely run out from brand :). “Yet do I fear thy nature It is too full o’ the milk of human kindness.” by William Shakespeare.

  6. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    excellent issues altogether, you just won a logo new reader. What would you suggest about your post that you made a few days in the past? Any certain?

  7. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    I love studying and I conceive this website got some truly utilitarian stuff on it! .

  8. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Good info and right to the point. I don’t know if this is really the best place to ask but do you folks have any thoughts on where to hire some professional writers? Thanks 🙂

  9. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Aw, this was a very nice post. In thought I would like to put in writing like this additionally – taking time and precise effort to make an excellent article… but what can I say… I procrastinate alot and under no circumstances appear to get something done.

  10. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Wow! This can be one particular of the most helpful blogs We’ve ever arrive across on this subject. Basically Wonderful. I’m also a specialist in this topic so I can understand your hard work.

  11. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Your style is so unique compared to many other people. Thank you for publishing when you have the opportunity,Guess I will just make this bookmarked.2

  12. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    What Is Sugar Defender? Sugar Defender is a natural blood sugar support formula created by Tom Green. It is based on scientific breakthroughs and clinical studies.

  13. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Having read this I thought it was very informative. I appreciate you taking the time and effort to put this article together. I once again find myself spending way to much time both reading and commenting. But so what, it was still worth it!

  14. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Hi! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to begin. Do you have any ideas or suggestions? Thank you

  15. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Puravive is a weight loss supplement that targets the root cause of weight gain issues in men and women.

  16. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    This blog is definitely rather handy since I’m at the moment creating an internet floral website – although I am only starting out therefore it’s really fairly small, nothing like this site. Can link to a few of the posts here as they are quite. Thanks much. Zoey Olsen

  17. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    I think other web site proprietors should take this web site as an model, very clean and fantastic user genial style and design, let alone the content. You are an expert in this topic!

  18. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Pretty section of content. I simply stumbled upon your website and in accession capital to claim that I acquire in fact loved account your weblog posts. Any way I’ll be subscribing on your feeds or even I success you access consistently quickly.

  19. Ghoorib.com | nama-nama anak perempuan dalam bahasa arab kekinian

    Hello, you used to write great, but the last few posts have been kinda boring… I miss your super writings. Past several posts are just a little out of track! come on!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *