free html hit counter

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab
Assalamu’alaikum pembaca yang budiman, artikel kali ini saya ingin berbagi solusi, tips atau opini saya kepada pembaca sekalian tentang strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar bahasa Arab.

Belajar bahasa Arab adalah usaha untuk memahami dan bisa berbicara dengan bahasa tersebut. Bagi masyarakat Indonesia, bahasa Arab merupakan bahasa Asing sekaligus bahasa internasional yang wajib dipelajari di madrasah selain bahasa Inggris.

Bahasa Arab sangat erat kaitannya dengan Islam. Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, tentu sangat akrab dengan bahasa satu ini. Contoh dekat, Al-qur’an, seruan Adzan, kalimah syahadah, bacaan shalat, semuanya berbahasa Arab. Sehingga bahasa Arab sangat populer dan dipelajari di berbagai jenjang pendidikan.

Tujuan dan manfaat belajar bahasa Arab sangat banyak, salah satunya untuk memahami Islam lebih mendalam serta dengan baik dan benar. Nah, bagaimana pembelajaran bahasa Arab dari sisi seorang guru bahasa Arab?

Mengajar Bahasa Arab

Mengajar pelajaran bahasa Arab bukanlah hal mudah. Seorang guru bahasa Arab setidaknya harus menguasai 5 skill bahasa Arab berikut ini untuk bisa mengajar pelajaran ini, yaitu: mendengar, membaca, berbicara, menulis, dan gramatikal (nahwu, sharaf dan balaghah).

Pelajaran bahasa Arab di madrasah umumnya adalah 3JP (tiga jam pelajaran). 3 jam pelajaran adalah waktu yang lama jika seorang guru terlalu monoton dan tidak kreatif dalam mengajar.

Seorang guru bahasa, khususnya bahasa Arab sangat dituntut mempunyai ciri khasnya dan kemampuannya dalam mengelola peserta didik agar tetap stabil motivasinya saat pembelajaran berlangsung.

Penyebab Munculnya Kejenuhan

Guru dan peserta didik merupakan sebuah tim dalam kelas, harus saling bekerja sama. Agar tujuan pembelajaran yang termuat dalam RPP tercapai. Jika gurunya tidak semangat, peserta didiknya juga akan jenuh dalam belajar. Jika peserta didiknya sudah mulai jenuh dalam belajar bahasa Arab, pasti gurunya akan susah dalam mentransfer ilmu ke peserta didik.

BACA JUGA :  Cara Membuat Footnote Bahasa Arab Untuk Skripsi dan Sejenisnya

Munculnya kejenuhan dalam belajar bahasa Arab, biasanya disebabkan oleh metode dan media pembalajaran yang menarik. Metode itu-itu saja akan membuat proses pembelajaran bahasa Arab menjadi monoton.

Begitu pula dengan media pembelajaran sebagai sarana seorang guru bahasa Arab dalam menyampaikan ilmu bahasa Arab ke peserta didik. Media pembelajaran yang menarik akan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Cara Mengatasinya

Ketika kejenuhan belajar bahasa Arab mulai muncul, guru harus sigap menanggapinya agar tidak berimbas kepada malasnya peserta didik dalam belajar. Berikut beberapa cara mengatasi kejenuhan dalam belajar bahasa Arab:

1. Belajar sambil menyanyi

Bernyanyi adalah hal yang menyenangkan terutama untuk anak MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan anak MTs (Madrasah Tsanawiyah). Dengan menjadikan sebuah materi pelajaran bahasa Arab ke dalam nyanyian akan menghilangkan kejenuhan peserta didik dalam belajar bahasa Arab.

Ada banyak sekali sumber yang bisa menjadi refrensi seorang guru bahasa Arab dalam mengolah materi menjadi sebuah nyanyian, bisa dari kanal youtube atau bisa dengan membuat nyanyian dari irama-irama musik yang menyenangkan yang disukai oleh guru maupun peserta didik.

2. Menggunakan media visual dan gambar

Media visual seperti video bahasa Arab, powerpoint, kartun bergambar sangat berpengaruh pada perhatian peserta didik dalam mendengar pelajaran. Jika biasanya hanya menatap guru dan papan tulis, kelas akan lebih menarik jika ada media-media seperti ini.

3. Game bahasa Arab dan belajar secara berkelompok

Ada banyak sekali jenis permainan-permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab yang bisa dilakukan secara berkelompok, seperti TTS bahasa Arab, tebak gambar, kartu gambar, sambung kata bahasa Arab, dan masih banyak lagi.

Jika seorang guru bahasa Arab bingung, ada banyak sekali skripsi atau jurnal yang dipublish di google scholar yang berisi penelitian tentang penerapan media atau game dalam pembelajaran dan lengkap dengan caranya. Guru hanya perlu mencari dan membacanya, kemudian menerapkan ke dalam pembelajaran.

BACA JUGA :  Pidato Bahasa Arab Tentang Peran Zakat Dalam Mengatasi Kesenjangan Ekonomi

Penutup

Itulah beberapa cara, tips atau strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar bahasa Arab. Terlebih di era edukasi digital sekarang ini, guru harus aktif menggunakan media digital dalam pembelajaran dan peserta didik dituntut harus lebih aktif dari pada guru saat pembelajaran berlangsung. Sekian, Terimakasih.

Check Also

Ghoorib.com | Rahasia Jualan Untung: Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Rahasia Jualan Untung: Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Rahasia Jualan Untung: Strategi Meningkatkan Keuntungan Bisnis Anda  – Selamat datang di artikel ini yang …

23 comments

  1. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    The point of view of your article has taught me a lot, and I already know how to improve the paper on gate.oi, thank you. https://www.gate.io/id/signup/XwNAU

  2. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I savor, lead to I found just what I used to be taking a look for. You’ve ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

  3. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Nice post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Very useful info specifically the last part 🙂 I care for such information much. I was seeking this particular information for a long time. Thank you and best of luck.

  4. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I believe this internet site contains some rattling excellent info for everyone. “Philosophy triumphs easily over past evils and future evils but present evils triumph over it.” by La Rochefoucauld.

  5. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thank you

  6. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I am glad to be a visitant of this everlasting site! , thanks for this rare information! .

  7. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Some genuinely nice stuff on this internet site, I enjoy it.

  8. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I don’t even understand how I stopped up here, however I assumed this put up was once great. I don’t understand who you might be however definitely you’re going to a famous blogger in case you aren’t already 😉 Cheers!

  9. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Hey there! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I really enjoy reading your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same subjects? Thank you!

  10. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Hello there, You have done a great job. I’ll certainly digg it and personally suggest to my friends. I’m confident they will be benefited from this website.

  11. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Hey, you used to write fantastic, but the last few posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past few posts are just a little bit out of track! come on!

  12. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    As a Newbie, I am continuously browsing online for articles that can benefit me. Thank you

  13. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article. I will be sure to bookmark it and come back to read more of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  14. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    What Is Puravive? Puravive is a natural weight loss supplement that is known to boost the metabolic processes of the body.

  15. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I am now not positive where you’re getting your information, but great topic. I needs to spend a while studying more or figuring out more. Thank you for fantastic info I was looking for this information for my mission.

  16. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Wow, awesome blog layout! How long have you ever been blogging for?
    you made running a blog look easy. The overall glance of your website is great, let alone the content!
    You can see similar here najlepszy sklep

  17. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    But a smiling visitor here to share the love (:, btw great pattern.

  18. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    I’ve recently started a blog, the info you provide on this web site has helped me tremendously. Thank you for all of your time & work.

  19. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Hi there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no data backup. Do you have any methods to prevent hackers?

  20. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    It’s in point of fact a nice and useful piece of info. I am glad that you simply shared this useful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  21. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Nice blog here! Also your web site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my website loaded up as quickly as yours lol

  22. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Great V I should certainly pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs as well as related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or something, site theme . a tones way for your client to communicate. Nice task..

  23. Ghoorib.com | Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Bahasa Arab

    Great items from you, man. I have be aware your stuff prior to and you are simply extremely fantastic. I actually like what you have received here, really like what you’re stating and the way in which you say it. You’re making it entertaining and you continue to take care of to stay it smart. I can’t wait to read far more from you. That is actually a terrific web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *