free html hit counter

Pembahasan Arti Nama Nabi dan Rasul

Contents hide

Kaligrafi Nabi Muhammad SAW

Apakah semua nama nabi mempunyai arti?

Nama nabi dan nama rasul sama juga dengan nama manusia pada umumnya, tentunya memiliki arti dan makna tertentu.

Setiap nabi dan rasul di utus dari suatu umat juga berbicara dengan bahasa umat tersebut, termasuk nama. Nama nabi dan rasul tidak semuanya berbahasa Arab karena tidak semua nabi dan rasul berasal dari bangsa Arab.

Nabi atau rasul yang diutus ke kaum atau ummat bani israil maka tentunya kebanyakannya nama-nama mereka berbahasa Ibrani.

Berikut sedikit pembahasan tentang arti daripada nama-nama nabi dan rasul;

1. Nabi Adam a.s (آدم عليه السلام)

Nama nabi Adam a.s menurut pendapat Al-Tha’labi merupakan nama dari bahasa Ibrani yang bermakna debu atau tanah.

عن سعيد بن جُبير، قال: خُلق آدم من أديم الأرض

Diriwayatkan dari Sa’id bin Jubair; “Diciptakan nabi Adam dari permukaan bumi…”

Jika ditelusuri dari beberapa hadist, khabar dan atsar, nama nabi Adam a.s sering dikaitkan dengan kata bahasa Arab (أديم الأرض) yang berarti permukaan bumi, sebagian ada yang mengartikan langsung dengan makna litosfer atau lapisan luar bumi.

Diriwayatkan pula dari Abu Musa Al-‘Asy’ari, ia berkata: “ Rasulullah SAW bersabda; Sesungguhnya Allah SWT menciptakan Adam dari Qabzhah (Segenggam, sekepal) tanah dari seluruh bumi, maka manusia datang dengan kadar tanah ada yang merah, hitam, putih, dan diantara mreka ada yang mudah, ada yang bersedih, ada yang jahat atau buruk ada yang baik.”

Terdapat pula banyak nama yang ditujukan kepada nabi Adam a.s, diantaranya:

• Insan : Manusia
• Basyar : Manusia
• Abu Basyar : Moyang manusia
• Khalifah : Pemimpin

2. Nabi Idris a.s (ادريس عليه السلام)

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa nama nabi Idris merupakan isim musytaq dari bahasa Arab (الدراسة) yang berarti belajar.

Dinamakan dengan Idris karena beliau banyak mempelajari suhuf-suhuf yang diturunkan oleh Allah Swt kepada nabi Adam a.s, beliau pula yang pertama sekali menulis dengan qalam (pena).

Ada juga pendapat bahwa kata dari nama nabi Idris berasal dari bahasa suryaniyyah, sekarang syiria.

3. Nabi Nuh a.s (نوح عليه السلام)

Terdapat banyak pendapat terkait nama nabi Nuh a.s, yaitu;

• Ada yang berpendapat bahwa nama nabi Nuh berasal dari bahasa samiy kuno yang berarti istirahat atau tentram.

• Ada pendapat bahwa nama nabi Nuh berasal dari bahasa a’jam (non-arab) yang kemudian diarabisasikan yang berarti yang tenang, yang tinggal.

• Pendapat paling masyhur, nama nabi Nuh berasal dari bahasa arab dari fi’il (نَاحَ – ينوحُ – نَوْحًا) yang berarti menangis, meratapi.

BACA JUGA :  Wabah Dalam Sejarah Islam dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya nama asli nabi Nuh a.s adalah Yaskar ada yang mengatakan Abdul Ghaffar, dinamakan Nuh karena banyaknya ia bersedih dan menangis karena ummatnya yang mendengarkan ajarannya dan mengikuti agama Allah SWT hanya sedikit, padahal umur nabi Nuh dan masa dakwahnya mencapai 1000 tahun.

4. Nabi Hud a.s (هود عليه السلام)

Nama nabi Hud berasal dari kata bahasa arab dari fa’il (هَادَ – يهود) yang berarti memberi petunjuk. Kata Hud juga merujuk kepada bangsa yahudi. Berdasarkan firman Allah SWT di dalam Al-quran {هُودًا أَوْ نَصَرَى} yang artinya “Yahudi atau Nasrani” Lihat Al-baqarah ayat 135.

5. Nabi Shalih a.s (صالح عليه السلام)

Arti nama nabi Shalih a.s bisa ditelusuri melalui kata bahasa Arab (صَلَحَ – يَصْلُحُ – صَالحًا) yang berarti benar, baik, berbudi luhur.

6. Nabi Ibrahim a.s (ابراهيم عليه السلام)

Nama nabi Ibrahim a.s berasal dari bahasa a’jam (non-Arab) tepatnya bahasa Ibrani yang berarti (الأب الرفيع) Bapak yang tinggi, (الأب المكرم) Ayah yang dimuliakan.

7. Nabi Luth a.s (لوط عليه السلام)

Nama Luth (لُوط) berasal dari bahasa Ibrani, ada pendapat diambil dari kata bahasa Arab (لَاطَ) yang berarti yang lengket dan melekat, dinamakan dengan ini karena kedekatan dan keterikatannya dengan Nabi Ibrahim a.s. Terkadang kata (لوط) juga diartikan lemah dalam bahasa Arab.

8. Nabi Ismail a.s (اسمعيل عليه السلام)

Nama nabi Ismail a.s merupakan isim alam muzakkar dari bahasa ibrani, asal kata jika ditulis dalam bahasa Arab (يسمع الله). Penulisan asal dalam bahasa Ibrani (يِشْمَعْ إل) huruf س diganti dengan huruf ش. Yisma’ artinya mendengar dan il artinya tuhan.

Dipanggil “Yisma’” karena karena telah memenuhi permintaan ayahnya untuk mengorbankan dirinya sebagai perintah Allah Yang Maha Esa.

Adapun “il”, sering dipakai pada nama-nama orang dalam bahasa ibrani, artinya Allah.

9. Nabi Ishaq a.s (اسحق عليه السلام)

Nama nabi Ishaq merupakan nama tauratiyyah, dan asal katanya dari bahasa Ibrani adalah (يِصحاق) “Yishaq”, yang berarti: orang yang tertawa, tertawa, dan itu menunjukkan tawa Siti Sarah dan kebahagiaannya ketika suaminya nabi Ibrahim a.s diberitakan akan dikarunia seorang anak laki-laki, padahal keduanya sudah tua.

10. Nabi Ya’qub a.s (يَعقوب عليه السلام)

Nama nabi Ya’qub merupakan nama dalam bahasa Ibrani artinya yang menggantikan yang lainnya, namun jika dalam bahasa Arab artinya anggur murni seperti air mata.

11. Nabi Yusuf a.s (يوسوف عليه السلام)

Nama nabi yusuf merupakan bahasa ajam, yaitu bahasa Ibraniyah. Dalam bahasa Ibrani “يوسيف”, dan merekabiasanya mengucapkan dengan kasrah sin yang berarti dianugerahi tuhan dan dilipatgandakan pemberiannya.

12. Nabi Ayyub a.s (ايوب عليه السلام)

Nama nabi Ayyub a.s juga dari bahasa Ibrani (آيب) yang berarti kembali kepada Allah SWT, atau orang yang bertaubat, sebagian yang lain mengartikannya dengan istilah kesabaran.

Sebagian mufassirin juga berpendapat bahwa nama nabi Ayyub a.s bukan bahasa Ibrani melainkan bahasa Arab, berasal dari fi’il (آبَ – يؤوبُ) dengan makna yang sama seperti di atas.

13. Nabi Syuaib a.s (شعيب عليه السلام)

Jika ditinjau dari kaidah bahasa Arab, kata “شعيب” adalah bentuk tashghir dari kata “شعبٌ” yang berarti bangsa.

Ada juga pendapat yang menjelaskan bahwa kata “شعيب” berasal dari dua kata berbeda “شعَّ” artinya orang-orang dan “عيب” artinya noda atau rasa malu, dan cahaya dakwah dan kahlak nabi Syuaib a.s dapat menghapus noda dari kaumnya. Artinya, dia menyinari setiap cacat dan menghapusnya.

14. Nabi Harun a.s (هارون عليه السلام)

Harun atau Aaron adalah nama Ibrani yang berarti gunung yang tinggi atau bukit yang tinggi, dan itu mengacu pada sekelompok orang. Ada juga yang berpendapat bahwa nama Harun berarti kucing. Dalam bahasa Syiria kuno, akhiran و dan ن bermaksud tashgir (mengecilkan).

BACA JUGA :  Cerita Pendek Pohon Rahasia

15. Nabi Musa a.s (موسى عليه السلام)

Ada pendapat yang mengatakan bahwa nama nabi Musa a.s berasal dari bahasa Ibrani, ada yang berpendapat berasal dari bahasa Mesir kuno yang berarti yang selamat atau penolong, ini berdasarkan kisah ketika nabi Musa a.s ditarik dari sungai oleh istri Fir’aun atas kehendak Allah AWT karena ibu Musa melemparkannya ke sungai untuk menyelamatkannya dari tentara Firaun.

Nama Musa awalnya merupakan gabungan bahasa hieroglif yang digunakan oleh nama Musha, yang terdiri dari “Mo” yang berarti air dan “Sha” yang berarti pohon. Dalam bahasa arab modern kata (موسى) berarti pisau cukur.

16. Nabi Ilyasa’ a.s (إليسع عليه السلام)

Dalam bahasa Arab, nama nabi Ilyasa’ berkaitan kuat dengan kata “يَسَعُ” yang artinya meluas, meliputi, mencakup. Kata “يَسَعُ” juga dikaitkan dengan istilah الحركة اليَسُوعيَّة yang berarti sebuah gerakan keagamaan yang arah utamanya adalah kepercayaan akan kedatangan nabi Isa a.s atau Juruselamat yang ditunggu di akhir zaman.

17. Nabi Zulkifli a.s (ذوالكفل عليه السلام)

Nama nabi Zulkifli a.s adalah nama dari bahasa Arab yang berarti yang punya jaminan atau yang punya tanggungan. Kata (ذوالكفل) terdiri dari 2 kata “ذو” artinya yang mempunyai atau pemilik dan “كِفْلٌ” artinya memikul, tanggungan atau jaminan.

18. Nabi Daud a.s (داود عليه السلام)

Penulisan nama nabi Daud a.s di dalam Taurat dengan tiga huruf (دود). Nama (Dawood) menurut pakar Ibrani dan Taurat berarti cinta dan kekasih.

19. Nabi Sulaiman a.s (سليمان عليه السلام)

Nama Sulaiman juga merupakan bahasa Ibrani yang berarti lelaki yang selamat atau sejahtera atau lelaki yang damai. Jika diartikan dengan bahasa Arab kata (سليمان) merupakan tasghir dari kata (سلمان) Salman atau (سليم) yang berarti selamat, sejahtera atau damai.

20. Nabi Ilyas a.s (إلياس عليه السلام)

Nama Ilyas atau Ilias adalah variasi dari bahasa Ibrani “إلياهو”, yang merupakan nama pria dalam bahasa Ibrani, dan itu berarti “Tuhan Yang Mahatinggi”.

Seperti yang disebutkan dalam Taurat “Elia” dan dinamai dengan itu.

21. Nabi Yunus a.s (يونس عليه السلام)

Ada pendapat bahwa nama nabi Yunus a.s merupakan nama Mesir kuno yang juga digunakan oleh seorang raja Mesir bernama (أيونيس), dan dalam bahasa Arab nama itu diketahui berasal dari kata (الأُنس) atau (المؤانسة) yang berarti keramahan atau kelembutan.

Artinya berasal dari kata bahasa Arab (الأنس) yang berarti kelembutan, atau berkumpul dan bersatu kembali. Nabi Yunus a.s juga dikenal dengan sebutan (صاحب الحوت) yang berarti pemilik ikan paus.

22. Nabi Zakariyya a.s (زكريا عليه السلام)

Ada dua pendapat terkait arti dari nama Zakriya. Pertama, dari bahasa Ibrani berasal dari dua kata “زخر” dalam bahasa arab “ذكر” artinya mengingat dan “يهوه” artinya Allah, maka artinya menjadi: Mengingat Allah.

Kedua, kata Zakariyya berasal dari bahasa arab dari kata (زكر) yang artinya mengisi atau terisi.

23. Nabi Yahya a.s (يحيى عليه السلام)

Sebelum nabi Yahya a.s tidak ada nama seperti itu sebelumnya, Kata yahya mirip dengan kata bahasa Arab (أحْيَا – يُحْيِيْ) yang artinya menghidupkan, hidup kembali, menghidupkan kembali, membuat ulang, memugar, memperbaharui.

Di dalam Tafsir al-Tabari (15/461) dan Tafsir Ibn Atiyah (4/6), menjelaskan;

Sheikh Al-Saadi berkata: …itu adalah nama yang sesuai dengan namanya karena:

• يحيا حياة حسية (Dia menjalani kehidupan yang jelas).
• يحيا حياة معنوية (Dia hidup dalam kehidupan yang penuh makna).

24. Nabi Isa a.s (عيسى عليه السلام)

Isa adalah sebuah nama ilmiah, dan jika dibuat dalam bahasa Arab, akan menjadi;

• بعيرٌ أعْيسُ artinya unta yang malang
• ناقةٌ عَيْساءُ Jamaknya عِيسٌartinya unta yang sedikit (sejenis untu berwarna putih pekat).

Dalam “Fii I’jaz Al-quran” 2/618 oleh al-Suyuti menyebutkan nama Isa a.s merupakan dari bahasa Ibrani atau Syria.

Sibawaih berkata: kata Isa (عيسى) berasal dari wazan (فِعلى), dan ini tidak termasuk ta’nits, karena kata ini adalah kata a’jam atau non-arab.

BACA JUGA :  Contoh percakapan tentang pendidikan, Kerja Kelompok dan Sekolah

25. Nabi Muhammad SAW (محمّد ﷺ)

Nama nabi Muhammad SAW pastinya berasal dari bahasa Arab karena nabi kita Muhammad SAW adalah orang Arab.

Kata “محمد” Adalah isim maf’ul dari kata kerja “حمَّدَ” yang berarti memuji, jadi isim maf’ulnya “محمّد” artinya yang terpuji.

——————————–
Sekian, Wallahu A’lam…

Check Also

Ghoorib.com | Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Dalam ilmu nahwu dan Pembagiannya

Definisi Fa’il Fa’il (فَاعِلُ) secara bahasa adalah orang yang menanggung sebuah kelakuan, atau sering kita …

2 comments

  1. Ghoorib.com | Pembahasan Arti Nama Nabi dan Rasul

    The point of view of your article has taught me a lot, and I already know how to improve the paper on gate.oi, thank you. https://www.gate.io/id/signup/XwNAU

  2. Ghoorib.com | Pembahasan Arti Nama Nabi dan Rasul

    Enjoyed examining this, very good stuff, thankyou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *