free html hit counter

Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia
Photo by mentatdgt from Pexels

Percakapan adalah suatu kegiatan atau pekerjaan yang hampir semua manusia di bumi ini melakukannya bahkan setiap hari dan setiap waktu, tentunya dengan bahasa mereka masing-masing.

Manusia sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan satu sama lain salah satu penghubungnya adalah komunikasi.

Berikut beberapa contoh percakapan dalam hal meminjam barang di dalam bahasa Indonesia.

Bahasa Formal

Percakapan dalam bahasa formal adalah percakapan dalam bahasa baku artinya percakapan yang dilakukan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidah yang berlaku.

Bahasa formal sering digunakan untuk acara-acara, berbicara di depan umum, berpidato, berkhotbah, memimpin rapat, berbicara dengan orang yang lebih tinggi pangkatnya, dalam situasi belajar mengajar atau dengan orang baru anda kenal.

Contoh 1
Meminjam Pulpen sama teman sekelas.

Tono : Budi, bolehkah aku pinjam pulpen kamu sebentar…?
Budi : Tentu boleh, memangnya pulpen kamu kemana?
Tono : Pulpen saya tintanya habis, dan saya tidak punya cadangannya…
Budi : Baik tono, Ini pulpennya…
Tono : Terima kasih Budi.

Contoh 2
Meminjam laporan bulanan di kantor.

Dinda : Hai Liam, Bos menyuruhku membuat laporan bulanan, boleh aku pinjam laporan bulan lalu yang kamu buat…?
Liam : sebentar… saya harus mencari dulu.
Dinda : Baik…
Liam : Ini dia laporannya…
Dinda : Terimakasih Liam… Nanti sore saya kembalikan saat pulang kantor.
Liam : Iya, sama-sama

Contoh 3
Meminjam buku catatan sama teman sekelas.
Mila : Rina, kamu ada catatan materi matematika minggu lalu?
Rina : Iya ada …
Mila : Boleh aku pinjam sebentar?
Rina : Oh, boleh. Ini …
Mila : Minggu lalu aku tidak bisa masuk sekolah karena sakit
Rina : Oh, iya.
Mila : Buku catatannya aku kembalikan besok lusa ya?
Rina : Boleh.
Mila : Terimakasih ya Rina?
Rina : Sama-sama.
Contoh 4
Contoh percakapan bahasa indonesia tentang meminjam buku.
Irma : Budi, catatan pelajaran bahasa Indonesia kamu tadi lengkap tidak?
Budi : Iya lengkap…
Irma : Boleh aku pinjam, besok aku kembalikan?!
Budi : Boleh, tapi kamu juga mencatat pelajaran tadi kan?
Irma : Aku hanya sempat mencatat sedikit tadi, banyak catatan yang ketinggalan, karena guru terlalu cepat mendikte.
Budi : Ooo, baiklah pertemuan selanjutnya kita minta pada guru agar didikte lebih pelan.
Irma : Iya, terimakasih.
Budi : Sama-sama.

Bahasa Non Formal

Bahasa non-formal adalah bahasa tidak baku, percakapan dalam bahasa non-formal tidak menuntut aturan atau kaidah-kaidah yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Percakapan dalam bahasa non-formal biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti di pasar, di taman, bebicara sama teman dan lain sebagainya.

BACA JUGA :  Keterkaitan Pemikiran Ekonomi Dengan Sistem Ekonomi Kerakyatan

Bahasa non-formal adalah bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bahasa Arab bahasa non-formal disebut juga bahasa ‘Ammiyah.

Untuk kata ganti orang dalam bahasa Indonesia non-formal yang sering dipakai:
Gue, gw, gua = Saya
Loe, Lu, ente, ko = Kamu

Contoh 1
Meminjam Kamera sama teman lewat WhatsApp.

Ria : Hai Rin…
Rin : Ada apa loe chat gue malam-malam gini…?
Ria : Ini Rin, gw mau minjem kamera loe bentar.
Rin : Emang mau fotoin apa malam-malam gini Ria?
Ria : Gak, kamerenya buat besok, ada acara nikahan tetangga gue.
Rin : Loe fotografernya?
Ria : Kan saling membantu sesama tetangga
Rin : Bisa aja lu, okelah besok pagi-pagi kerumah gue.
Ria : Siap…
Rin : Ngomong-ngomong gue gak diundang ni?
Ria : Lu sekalian gw bawa sama kamera ketempat acara !
Rin : Sip…

Contoh 2
Maminjam uang atau duit sama teman.

Mail : Ucok, ucok… Kesini sebentar !
Ucok : ngapa lu manggil-manggil gua kaya bos aja…
Mail : Gw lagi butuh ni
Ucok : Butuh apa lu? Gw tau pasti lu lagi butuh duit kan?
Mail : iya ni… 500.000 doang bulan depan gue balikin
Ucok : yaelah lu mail…. untung gw lagi banyak duit… ini duitnya.
Mail : Ini baru namanya temen…ada saat membutuhkan !
Ucok : iya… waktu butuh duit aja lu kemari..
Mail : Makasih ya cok… gue harus pergi sekarang.
Ucok : iya, sama-sama.

Itulah contoh singkat percakapan meminjam dalam bahasa Indonesia. Sebenarnya masih banyak contoh-contoh lain dengan variasi yang berbeda-beda, tapi ini saja dulu… semoga bermanfaat 😀

Check Also

5 Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Belajar di Rumah

Seiring dengan pandemi yang terjadi belakangan ini, banyak sekolah, universitas dan tempat-tempat pendidikan melakukan pembelajaran jarak …

20 comments

  1. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    It’s tthe best time tto make a few planms for the future
    and it’s ttime tto bee happy. I’ve lwarn this sibmit andd
    iif I may just I wanbt too counsdl you somme attention-grabbing issues
    orr suggestions. Maybe yoou could write subsequent articles refrrring to
    tnis article. I desire too learn more things approxiately it!

  2. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Hi there,

    We run an Instagram growth service, which increases your number of followers both safely and practically.

    – We guarantee to gain you 400-1000+ followers per month.
    – People follow you because they are interested in you, increasing likes, comments and interaction.
    – All actions are made manually by our team. We do not use any ‘bots’.

    The price is just $60 (USD) per month, and we can start immediately.

    If you’d like to see some of our previous work, let me know, and we can discuss it further.

    Kind Regards,
    Megan

    To unsubscribe: https://removeme.click/unsubscribe.php?d=ghoorib.com

  3. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Wow that was odd. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyway, just wanted to say fantastic blog!

  4. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Looking forward to reading more. Great post.Really thank you! Really Great.

  5. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Im grateful for the blog article.Really looking forward to read more. Great.

  6. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    A round of applause for your article post.Thanks Again. Fantastic.

  7. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    I appreciate you sharing this article post.Really looking forward to read more. Great.

  8. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    I value the article.Much thanks again. Awesome.

  9. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    This is one awesome article post.Really thank you! Great.

  10. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Im grateful for the blog post.Really looking forward to read more. Cool.

  11. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Thanks a lot for the post.Much thanks again. Want more.

  12. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    I think this is a real great post.Really thank you! Awesome.

  13. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Wow, great article post.Really thank you! Want more.

  14. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Really informative blog post.Really looking forward to read more. Really Great.

  15. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Really appreciate you sharing this article post.Much thanks again. Really Cool.

  16. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    I am so grateful for your blog.Really thank you! Cool.

  17. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    I value the blog.Really looking forward to read more. Cool.

  18. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Thanks-a-mundo for the blog.Thanks Again. Cool.

  19. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Thanks for sharing, this is a fantastic blog post.Really looking forward to read more. Awesome.

  20. Ghoorib.com | Contoh Percakapan Meminjam Barang Dalam Bahasa Indonesia

    Youre so cool! I dont suppose Ive learn anything like this before. So nice to seek out any individual with some authentic thoughts on this subject. realy thank you for beginning this up. this web site is one thing that is wanted on the internet, someone with a bit originality. helpful job for bringing something new to the web!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *